Tuesday, 13 May 2014

Kelebihan dan Kekurangan


Dari beberapa sumber yang saya baca, maka ini adalah hasil yang saya temukan dalam pembahasan mengenai “Kelebihan dan Kekurangan dari Personal Selling, Sales Promotion, Direct Marketing, Merchandising, dan Public Relations adalah sebagai berikut: 
1.      Personal Selling
Kelebihan dari personal selling, yaitu:       
·         Mampu memacu perusahaan untuk lebih mengenal pelanggan secara langsung, sehingga berdampak pada terkumpulnya informasi yang berkaitan dengan motif pembelian dan  keinginan-keinginan lain dari para konsumen atau pelanggan.

·         Personal selling dapat lebih efektif karena unsur-unsur pemasar sekaligus perusahaan dapat langsung mengetahui reaksi pelanggan dengan begitu cepat karena unsur-unsur pemasar dapat dilakukan dengan interaksi langsung.


·         Personal selling dapat memacu unsur-unsur pemasar dalam mengetahui pola dan proses pembelian yang sedang bergejolak atau yang biasa disebut dengsn trend. Misalnya:
*      Banyaknya pelanggan yang menginginkan pembelian dengan cara kredit
*      Keinginan pelanggan membeli dengan proses sample terlebih dahulu
*      Keinginan pelanggan yang pada saat berbelanja lebih suka dengan diskon atau bonus lainnya.
·         Mempererat : Memungkinkan timbulnya berbagai jenis hubungan diantara penjual dan pembeli.
·         Efektif (penjualanya detail dan demonstrasi).
·         Keputusan bisa dinegosiasikan.
·         Biaya dapat disesuaikan.
Kekurangan dari personal selling, yaitu:
·         Pesan tidak konsisten karena perbedaan pengetahuan antar karyawan.
·         Biaya yang tinggi.
·         Hasil yang rendah.
·         Jangkauanya lebih rendah karena pasar sasaran yang luas.
·         Berpotensi menimbulkan masalah etika antara tenaga penjual.

  2.     Sales Promotion
  Kelebihan
- Mempererat hubungan jangka panjang dengan seorang pengecer.

- Sales promotion menghasilkan tanggapan penjualan yang lebih cepat dan lebih terukur daripada iklan.

- Sales promotion memungkinkan produsen untuk menyesuaikan variasi penawaran dan permintaan jangka pendek.

- Sales promotion dapat mendorong konsumen untuk mencoba produk baru (lebih baik dari pada tidak beralih dari produk yang sudah biasa mereka buat).

- Sales promotion membantu produsen menyesuaikan program untuk berbagai segmen konsumen. Konsumen sendiri akan menikmati kepuasan menjadi pembelanja yang cerdik saat mereka mengambil keuntungan dari harga spesial.

Kekurangan    
- Sales promotion cenderung tidak menghasilkan pembeli baru berjangka panjang dalam pasar mapan.
- Meskipun kebanyakan sales promotion meningkatkan angka penjualan, kebanyakan justru menimbulkan kerugian.
- Sales promotion biasanya kurang dapat membujuk pengguna-pengguna merk lain untuk  pindah ke merk perusahaannya.
  
  3.     Direct Marketing        
        Kelebihan Direct Marketing, diantaranya:
  • Targeting: Targeting merupakan suatu strategi untuk memilih, menyeleksi dan menjangkau suatu pasar. Dengan Direct Marketing diharapkan suatu produk/jasa dapat menjangkau target pasarnya.
  • Cost Effective: Biaya yang dikeluarkan jauh lebih efektif mengingat penjualan yang dilakukan adalah penjualan yang berulang (repeat sales) dengan target pasar yang cukup jelas.
  • Flexibility: Direct marketing dapat dilakukan melalui berbagai jenis bentuk media.
  • Control & Accountability: Dengan Direct Marketing akan mudah dihitung respon yang muncul dari kegiatan marketing disamping dapat mempermudah pembuatan anggaran promosi.
  • Measures of Effectiveness: Dengan direct media, feedback dapat diperoleh langsung dari konsumen.
  • Opportunity to Test: Dengan Direct Marketing, kegiatan riset harga, promosi, dan penentuan waktu dapat dengan mudah dilakukan.
  • Consumer Database: Database konsumen dapat dengan mudah dibentuk dalam Direct Marketing sehingga dapat diraih penjualan yang berulang dari satu pelanggan.
Sebaliknya, kekurangan Direct Marketing adalah:
  • Image Factors: Direct Marketing yang dilakukan lewat pengiriman surat misalnya, konsumen yang ditelepon setiap saat ataupun penawaran lewat sales dapat menimbulkan citra negatif dimata konsumen terutama saat konsumen membutuhkan privacy atau tidak mau diganggu. Peran perusahaan dalam melihat saat yang tepat bagi konsumen merupakan solusi masalah ini.
  • Ketepatan: Tingkat ketepatan daftar yang digunakan untuk menunjuk target market yang dituju terkadang terlalu rendah, karena daftar yang digunakan tidak sesuai dengan target market yang disasar oleh perusahaan.
  • Content Support: Untuk melaksanakan Direct Marketing diperlukan fasilitas dan sarana yang cukup memadai,
misalnya fasilitas telepon on-line, SDM yang handal dan menguasai informasi suatu produk/jasa dimana perusahaan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk menyediakan fasilitas tersebut.
  • Rising Costs: Semakin lama harga-harga untuk iklan yang menggunakan media direct mail makin mahal, sehingga banyak yang beralih menggunakan media internet.


                  4.      Merchandising
Merchandising adalah aktifitas yang dilakukan di dalam dan sekitar toko/outlet yang bertujuan untuk mempercepat produk sampai ditangan konsumen”
Dalam artian sederhana kegiatan Merchandising adalah kegiatan bagaimana produk cepat laku atau dibeli. Memberikan souvenir identitas atau entitas perusahaan (produsen) supaya product cepat laku memang bisa dikatakan sebagai merchandising tapi bukan hanya itu bahkan lebih luas lagi.

Beberapa contoh aktifitas dari merchandising adalah :
-          Menata produk
-          Menyusun display                  
-          Membuat neonbox
-          Membagikan flyer ke pelanggan
-          Penempelan poster
-          Pemberian souvenir dan lain-lain.

Kelebihan Merchandising :

Kelebihan dari penjualan langsung ini adalah mampu meningkatkan jumlah penjualan dengan segera.

Kekurangan :

-           Kekurangan dari merchandising adalah hanya dapat dilakukan pada konsumen yang sudah menggunakan produk tersebut dan bukan untuk menarik pengguna baru.

-          Sistem penjualan langsung seperti ini tidak dapat mewujudkan kesetiaan (loyalitas) konsumen terhadap suatu merek produk.


     5.      Public Relations
Kelebihan dari penggunaan PR yaitu:
• Merupakan cara yang efektif dalam penggunaan dana untuk meraih pasar.
• Menghasilkan keuntungan dari dukungan independent dan tujuan pihak ketiga yang tidak berkaitan dengan produk.
• Dapat meciptakan kredibilitas.
• Mendukung program iklan dengan membuat pesan yang lebih kredibel.
• Menghindari penolakan konsumen atas usaha-usaha penjualan.

Sedangkan kekurangan dari PR, yaitu:
• Kurangnya control atas media.
• Sulit mengontrol pesan-pesan dalam slogan dan sarana-sarana iklan lainnya.
• Tidak ada jaminan atas media time dan space dalam media.

3 comments: